Pages

18 November 2011

Tutorial openGL dengan Qt creator


   Membuat 4 bujur sangkar warna-warni dengan Qt

Buka Qt Creator kemudaian buat project baru -Klik File , New File or Project (Ctrl+N) ,Other  Project, Qt Console Application

 

    klik Choose, Beri nama project dan tentukan lokasi penyimpanan , Klik Next

 
Pilih Device yang akan digunakan, Pilih desktop , Pilih Next ,Finish



 
Pada GL_Wiget.pro tambahkan code :    QT+= opengl

 
Tambahkan file header, klik kanan folder headers kemudian pilih Add New à Pilih C++ pada Files and Class kemudian pilih header C++ header class , klik choose , beri nama headernya GLWidget kemudian klik Next dan Finish

Tambahkan code :  #include , untuk memandil library OpenGL,
Kemudian tambahkan code di bawah ini untuk inisialisasi :

 

Tambahkan file source, klik kanan folder headers kemudian pilih Add New à Pilih C++ pada Files and Class kemudian pilih source C++ source class , klik choose , beri nama headernya GLWidget kemudian klik Next dan Finish

Tambahkan code di bawah ini:

 

Kelas QGLWidget adalah sebuah widget untuk rendering grafis OpenGL.
QGLWidget menyediakan fungsionalitas untuk menampilkan OpenGL * grafis yang terintegrasi ke dalam aplikasi Qt. 

Kemudian tambahkan prosedur initializeGL untuk mengatur konteks render, mendefinisakan daftar tampilian, dll dengan code berikut:

 
Prosedur ini dibuat setiap kali widget diubah ukurannya, baik lebar dan tinggi.

Kemudian, untuk menggambar kotaknya, gunakan prosedur patinGL:

 
Syntax glColor3f diatas digunakan untuk mengubah warna dalam hal ini 3 dimensi yaitu red, green, and blue

Syntax glTranslated ini digunakan untuk menghasilkan hasil translasi dari titik x,y,z yang diinputkan tersebut, dalam parameter tersebut digunakan tipe float.

Syntax glScalef ini digunakan untuk mengasilkan sekala yang seragam, parameter yang digunakan akan menunjukkan  faktor skala yang diinginkan sepanjang masing-masing dari tiga sumbu.

Syntax glReactF ini digunakan untuk membentuk persegi, dalam hal ini dibutuhkan 4 argumen untuk mendefinisikan titik kordinatnya, sebagai contoh glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0) untuk xy pertama adalah 300.0 dan 200.0 sedangkan untuk xy keduanya 400.0 dan 300.0


Pada main.cpp, ketikkan code berikut:
 
 

Run (Ctrl+R), dan akan menghasilkan output seperti berikut:
                
contoh projek download di sini GLWidget